Friday, May 2, 2014

Home School Activity #3: Cutting and Sticking

Sebenarnya ini sudah dibahas di posting sebelumnya, tentang pengenalan bentuk dan warna. Namun, kali ini saya post lagi foto yang pertama, karena akan ada relasi dengan kativitas gunting-tempel berikutnya.


Pada aktivitas gunting-tempel di atas, saya menggambar pola di balik kertas origami, lalu meminta (meminta lho ya, bukan menyuruh) Nayfah mengguntingnya. Meminta sangat berbeda dengan menyuruh. Kalau menyuruh, kita menyuruh anak kita untuk melakukan sesuatu. Suka atau tidak, anak harus melakukan perintah orang tua. Sedangkan "meminta" pada dasarnya akan dilakukan jika anak bersedia melakukannya.
Sangat berbeda kesannya antara kalimat, "Gunting kertas ini sesuai pola!" --> kalimat perintah
dengan kalimat, "Nayfah mau bantu Ummi? Kertas ini harus digunting sesuai pola,"

Bagaimana kesannya? Yang lebih enak di hati pasti option yang kedua.

Pada HS activity kali ini, tujuan saya untuk melatih Nayfah menggunakan gunting, agar hasil guntingannya semakin rapi dengan mengikuti pola yang sudah saya gambar. Oya, saya menggambar satu pola untuk satu warna kertas origami. Misalnya persegi menggunakan warna biru, segi tiga warna merah, dsb. Semakin banyak penggunaan warna, semakin bagus.

Lalu, mari kita beranjak ke cutting & sticking kedua. Jika pada aktivitas sebelumnya lebih ditekankan pada kerapian Nayfah dalam menggunting, kali ini saya ingin dia terampil menempel. Saya menggunakan 2 lembar kertas concorde putih. Kertas pertama saya print berwarna, sedangkan kertas kedua hanya ada gambar bentuk saja, warna hitam-putih.

Kertas yang tanpa warna digunakan sebagai media untuk menempel, sedangkan kertas yang full color saya gunting sesuai bentuk. Pertama kali mencoba, seperti inilah hasil belajar Nayfah:


Lumayan rapi menurut saya, karena dari 12 gambar bentuk, hanya dua yang sedikit kurang rapi :)

No comments: