Skip to main content

Crochet Basic Stitches



Hi Ladies,

Pernah bingung atau galau melihat simbol seperti di atas? Saya IYA, beberapa tahun lalu saat baru mengenal dunia rajutan. 
Saya belajar secara otodidak, berbekal pengetahuan dasar tentang membuat rantai dan tusuk ganda yang diajarkan oleh tante saya saat masih duduk di kelas 4 SD. 

Masih ingat, saat itu saya sedang libur panjang dan menginap di rumah nenek. Tante saya orangnya kreatif. Sebelum mengenalkan saya pada benang dan hakpen, beliau sudah lebih dulu mengajari saya membuat keset berbahan perca goni dan bahan kaos. Yup, karena di dekat rumah nenek ada UKM yang membidangi sablon kaos dan kaos olahraga. Dari sanalah Tante saya mendapatkan bahan-bahan sisa tersebut.

Kembali ke rajutan. Saat belajar pertama kali, saya membuat kantong koin kecil. Benangnya menggunakan benang siet, yang teksturnya sedikit berbulu. Saya lupa saat itu menggunakan hakpen nomor berapa. Yang saya ingat, saat itu kami merajut dengan men-double benang. Yeap, jaman dulu belum ada benang warna sembur. Jadi kami menggabungkan dua helai benang sekaligus.

Oke, cukup dulu nostalgianya. Sekarang kita belajar simbol-simbol crochet yuk!


Slip Knot dan Chain Stitch (ch)
Slip knot adalah simpul awal, sedangkan chain stitch disebut juga dengan istilah "rantai". Tusuk rantai seringkali digunakan sebagai dasar rajutan.


Slip Stitch (sl st)
Biasa digunakan untuk menyatukan akhir round atau untuk membuat lingkaran dasar dari rantai.

Single Crochet (sc) -- tusuk tunggal 



Half Double Crochet (hdc) -- tusuk setengah ganda

Double Crochet (dc) -- tusuk ganda

Triple/treble crochet (tr)

Increase (inc)
Istilah ini digunakan untuk penambahan jumlah tusuk pada satu lubang, misalnya inc sc  atau inc dc. Berikut ini adalah contoh inc sc:

Decrease (dec)
Adalah kebalikan dari inc. Pada decrease (dec), kita menyatukan dua atau lebih tusukan.  
dec dc

dec sc
Front Post dc (fpdc)
Dibuat dengan cara menyelipkan hook pada bagian batang row sebelumnya, dari arah depan (yang menghadap kita).

Back Post dc (bpdc)
Kebalikan dari fpdc, untuk membuat tusuk ini, kita selipkan hook dari arah yang berlawanan dari kita.


Semoga bermanfaat, jangan lupa untuk yang ingin belajar membuat buket bunga bisa cek fb saya Novelia Ummu Nayfah ;) Workshop apa saja? Ini dia:
Workshop online membuat Ever After Bridal Bouquet
Workshop Online membuat Romance Rose
Always Bride


Rose Bouquet










Comments

Popular posts from this blog

Crochet Toddler Dress Pattern

Hello, there!  Since there were many people asking me for the written pattern, I translated the pattern to a pdf (consisting diagrams, written pattern and step-by-step tutorial). Here are the pattern:   Crochet Toddler Dress Pattern Translated by Novelia Ummu Nayfah (La Léh Crochet)  Materials: Bali cotton yarn in green (2 cakes of @100 grams), white (2 cakes  of @100 grams), and small amount of yellow. FYI, the texture of bali cotton yarn looks like bamboo yarn. You may use other sport-weight yarns. Hook: 4/0 Tulip Etimo Rose hook (2.50 mm) Thread and sewing needle (you may use hot-melted glue) Synthetic flowers (you may use  this flower  as accessory) Stitches: Slip stitch (sl st) Chain (ch) Single Crochet (sc) Double crochet (dc) 2dc, ch 2, 2dc  shell 5dc  solid shell Rep: repeat Beg: beginning dc2tog dc3tog Finished size: Waist (circle)  :           21.5" Length             :           22" *This is approxima

Karakteristik Benang Rajut

Di Indonesia, benang yang paling popular adalah benang acrylic wool , atau yang lebih familiar disebut “benang siet”. Namun, sebenarnya jenis benang sangat bervariasi. Berikut diantaranya: 1.       Benang katun ( Cotton yarn ) Sesuai namanya, benang yang umum digunakan oleh para pemula ini terbuat dari serat kapas. Benang katun bersifat dingin, mudah menyerap keringat, lentur, kuat, ringan, dan memiliki banyak varian warna. Benang ini termasuk “benang multiproject ”, karena bisa digunakan untuk berbagai macam jenis rajutan. Misalnya, bros, bandana, pinggiran kerudung, syal, tatakan gelas, tas, sepatu, sandal, dan sebagainya. Berdasarkan varian warnanya, benang katun dibagi menjadi dua kelompok, yaitu plain (polos) dan ombre (warna sembur/gradasi). Tingkat kehalusannya pun berbeda-beda antara jenis benang katun yang satu dengan yang lain. Soft cotton , misalnya, adalah yang paling halus diantara benang berbahan dasar kapas. Sementara itu, satu tingkat di bawahnya, ada katun b

Bagaimana Menghitung Harga Rajutan?

Bagaimana sih, menentukan harga untuk hasil rajutan kita? Perajut A harganya sekian, perajut B sekian, sedangkan perajut lainnya sampai X, Y, Z harganya juga berbeda. Nasehat saya: jangan pernah menjadikan harga orang lain sebagai patokan. Takut kalah saingan dengan yang menjual dengan harga murah? Padahal mungkin saja mereka baru bisa merajut. Jadi, harga dibuat semurah mungkin supaya cepat balik modal dan mereka bisa terus merajut.Bisa juga karena mereka memproduksi secara massal, dengan mengupah orang lain dengan gaji sangat rendah. Hasilnya? Anda bisa melihat rajutan-rajutan yang dijual di pasar yang harganya amat sangat murah sekali. Hingga orang-orang akan berpikir, "Untuk apa susah-susah membuat bros rajut jika kita bisa membelinya di pasar dengan harga Rp.2.000 per buah?" Beberapa perajut juga menetapkan harga tinggi. Biasanya, mereka adalah perajut-perajut yang sudah punya ”jam terbang” tinggi dan kualitas produknya memang bagus, sehingga orang