Skip to main content

Bagaimana Menghitung Harga Rajutan?

Sekitar tahun 2011, terbersit ide untuk memulai usaha yang bisa saya kerjakan tanpa mengganggu aktifitas saya sebagai ibu. Saat itu, saya sedang membuat peci rajut untuk suami. "Kenapa nggak menjual rajutan saja?" pikir saya.

Yang menjadi kendala saat itu, tentu saja modal. Sebagai seorang ibu rumah tangga yang tak punya penghasilan pribadi (bahkan tabungan pribadi pun tak punya sepeser pun), tentu modal menjadi kendala terbesar saya.


 Minta langsung sama suami? Ah, malu. Saat itu saya beberapa kali bercerita padanya tentang ide saya itu, namun belum juga mendapat respon positif. Ia pun sepertinya masih meragukan bakat saya dalam merajut. Akhirnya, saya berpikir untuk meminjam uang pada ayah saya.

Saya ceritakan ide saya untuk memulai usaha, dan alhamdulillah gayung bersambut. Papa tidak meminjamkan uang, tetapi langsung memberi modal yang nominalnya sangat-sangat cukup untuk sekedar membeli beberapa pack benang, hakpen dan manekin. (FYI, nominalnya lebih dari 1 gram emas).
 
Bismillah, saya mulai bisnis rajutan dengan bros dan syal. Sayangnya, bakat dan keterampilan saya tidak diimbangi dengan pengetahuan tentang bisnis, terutama tentang cara menghitung harga.
 
Dulu, sekitar tahun 2012, untuk sebuah syal berbahan katun sembur, saya menjualnya sekitar 25.000. Gila? Hahaha... kalau dipikir-pikir, mungkin iya. Pantas saja banyak order, karena saat itu saya belum tahu cara menentukan harga. Saya hanya berpatokan pada harga benang (saat itu sekitar Rp.8.000). Saya kira harga 25.000 sudah banyak untungnya, lumayan bisa digunakan untuk membeli benang lagi. Ah.... betapa bodohnya.


Saya belajar seiring waktu. Saat ke mall, saya melihat barang-barang handmade dijual dengan harga tinggi. Saya sempat membatin, ”Emang ada orang yang mau beli?”
Ternyata banyak yang membeli. Apa lagi kalau bukan karena kualitasnya yang bagus dan model barang-barang tersebut yang unik? Dari situ saya belajar, bahwa untuk membuat produk yang berkualitas, bahannya pun harus pilihan. Harga pun akan menyesuaikan.
 
Lalu, saya pikir, seharusnya juga ada “biaya ekstra” selain menghitung harga benang dan material lainnya. Harus ada harga ketelitian, skill, dan waktu. Itulah yang tidak saya dapati dari hasil karya saya. Tidak ada biaya untuk biaya pengerjaan dan lainnya. Saya hanya berorientasi pada modal. Sekali lagi, betapa bodohnya.

Perlahan, mindset saya terbuka. Bi idznillah.
”I don’t sell yarns. I am selling my creativity. Everyone can buy yarns, but not every of them can change it into a beautiful thing.”
Saya tak menjual benang. Saya menjual kreatifitas dan bakat saya. Semua orang bisa membeli benang, namun tak semua bisa mengubahnya menjadi benda-benda cantik. Butuh waktu, tenaga, dan keterampilan untuk membuat sebuah karya.

Saya sempat vakum selama beberapa lama, karena merasa jerih-payah saya dalam merajut tidak terbayar dengan layak. Dalam beberapa bulan tersebut, saya mulai memikirkan bagaimana arah usaha yang saya rintis ini untuk kedepannya.

Mau tetap seperti itu? Atau ingin lebih maju?

Saya sampai pada kesimpulan, bahwa dalam ranah handmade ini saya akan bersaing dengan ribuan perajut lain. Apa yang kira-kira bisa membuat Customers saya suka dengan produk-produk saya? Desain, kualitas, atau... apa lagi?

Sejak saat itu, saya mulai meng-upgrade kualitas produk. Pakai benang yang berkualitas (atau setidaknya standard), dan mulai membuat desain-desain yang unik. 




Di tahun 2014, saya mulai merintis usaha saya di Etsy. Lagi-lagi, ini karena kemudahan yang Allah berikan. Disana, saya bersaing dengan para pengrajin dari seluruh dunia. Kualitas produk wajib yang terbaik.

Oya, daripada semakin panjang, langsung saja kita bahas tentang formulasi harga. Di Etsy, jika kita hendak memasukkan harga produk, akan keluar catatan kecil: 
Materials + Labor + Expenses + Profit = Item Price
Penjelasan terperinci tentang rumusan harga ini saya bahas di sebuah video, agar lebih mudah dipahami:



Secara ringkas, rumus penghitungan harga adalah:

Harga Modal = bahan + ongkos pengerjaan + biaya lain-lain (pemeliharaan, snacking, ads, listrik, dll)
Harga Jual = Harga modal + Profit (%)

Masih bingung tentang rumus di atas? Insyaallah penjelasan di video lebih mudah dimengerti. Yuk, belajar menghitung harga untuk hasil karyamu! Jika bukan kita yang menentukan harga yang layak untuk karya kita, bagaimana mungkin kita berharap orang lain akan menghargainya?

Salam kreatif, semoga artikel ini bermanfaat untuk Teman-teman yang masih bingung cara menentukan harga rajutan atau produk handmade lainnya.

Barakallahu fiikum,
Novelia Ummu Nayfah.

 

Comments

Shafana said…
Dlu pernah bkin bros rajut,tp cm krn dbandingkan akhirnya mundur deh dr perajutan..hehee
Tinggal d kota mn mbak?
Ummu Nayfah said…
Wah... Sayang bakatnya, mbak :)
Sy di Tangerang. Silakan mampir ke page sy: www.facebook.com/LaLehCrochet.

Salam rajut ^_^
Unknown said…
Halo mbak! Saya senangnya sekali merajut walaupun masih yg sederhana-sederhana. Pinginnya membuat macam-macam (tas,Bros,book cover,taplak meja,bantal kursi DLL) tapi abis itu saya taruh begitu aja. Oh ya saya buat topi dan sepatu bayi karena terinspirasi kehadiran cucu perempuan. Niatnya menjual hasil rajutan saya tapi karena masih sederhana-sederhana jadi belum pede.kalo semangat merajut sangat semangat tak ada hari Tampa merajut. Tolong dong mbak masih tahu Cara agar saya pede menjual hasil kerajinan tangan Dan dimana bisa menjualnya. Thanks!
Unknown said…
Halo bu Getty,
Untuk menjual, bisa lewat media sosial (facebook, twitter, instagram, dll) dan fjb (Forum jual beli, seperti Kaskus, Tokpedia, OLX, dll).
Cara supaya PD, kita harus yakin dg hasil keterampilan kita, Bu. Tidak semua orang bisa mengubah benang menjadi sesuatu yang indah. Hanya tangan-tangan terampil yang bisa melakukannya :)
Semangaaattt...!!! ^_^
Unknown said…
This comment has been removed by the author.
Unknown said…
Dapat pencerahan baru nih hehee...
Terimakasih ya mbak😊
Unknown said…
Oiya mbak, saya baru mau berencana Kalau saya ingin menitipkan rajutan saya ketoko, tapi saya bingung mau mmberikan hargajual ketoko tersebut. Ini saya ada perhitungan, semisal saya titip 1set isi 6 buah bros kemudian saya berikan potongan sebesar 10% perset bagaimana? Kira" toko yg saya titipin itu mau atau tidak ya mbak? Mohon balasannya, terimakasih 😉
Unknown said…
Oiya mbak, saya baru mau berencana Kalau saya ingin menitipkan rajutan saya ketoko, tapi saya bingung mau mmberikan hargajual ketoko tersebut. Ini saya ada perhitungan, semisal saya titip 1set isi 6 buah bros kemudian saya berikan potongan sebesar 10% perset bagaimana? Kira" toko yg saya titipin itu mau atau tidak ya mbak? Mohon balasannya, terimakasih 😉
Unknown said…
Bisa dg cara begitu, mbak. Istilahnya kaya konsinyasi gitu yah. In syaa Alloh mau kok, dulu sy juga seperti itu :)
Irma said…
Assalamualaikum mba,
semua pekerjaan merajutnya dikerjakan sendiri atau ada pegawainya?
kl misalnya ada, perhitungannya jadi bagaimana?
terimakasih mba
wassalamualaikum
Unknown said…
Wa'alaykumussalam,
Untuk menjaga kualitas, semua sy kerjakan sendiri, mbak. Kalau misalnya memakai asisten, sebaiknya tentukan di awal ttg upahnya... apakah dg sistem prosentase atau gaji fix. Jika gaji fix, masukkan hitungan nya ke expenses.
Kalau sistem prosentase (asisten dpt sekian persen dari profit), maka nanti yg di-mark up adalah harga retail nya.

Semoga bermanfaat ;)

Salam,
Ummu Nayfah.
Priyono Rahmat said…
luar biasa tulisannya..sangat bermanfaat sekali. inshallah kedepannya saya juga niat mau posting sekitar rajutan. boleh mampir ke blog saya. www.goodpriy.blogspot.com
ohya mbak...kira2 mekanismenya gimana cara produk kita bisa diliat sama masyarakat internasional..apakha ada link2 khusus yg mbak tau?

terimaksih. salam

rahmat
Priyono Rahmat said…
luar biasa tulisannya..sangat bermanfaat sekali. inshallah kedepannya saya juga niat mau posting sekitar rajutan. boleh mampir ke blog saya. www.goodpriy.blogspot.com
ohya mbak...kira2 mekanismenya gimana cara produk kita bisa diliat sama masyarakat internasional..apakha ada link2 khusus yg mbak tau?

terimaksih. salam

rahmat
Unknown said…
Share di pinterest saja Pak, link nya: www.pinterest.com.
Ada aplikasinya juga.
Unknown said…
Assalamualaikum mbak,

Ketika mbak mulai bisnis merajut ini, Untuk 1 hari kira-kira berapa rajutan yg mbak selesaikan?
Apakah ada target berapa rajutan yg harus diselesaikan dalam 1 hari?

Terimakasih mbak

Wassalamualaikum
Novelia said…
Wa'alaykumussalam,
Untuk saat ini sy tidak menentukan harus berapa project per hari, mba. Krn sibuk dengan anak-anak dan perkerjaan rumah tangga. Kalau dulu saat masih concern di bisnis rajutan sebagai produsen, sy target sehari 1 lusin aplikasi bros (belum finishing). Jadi nanti kalau ada yg pesan baru dijahit atau dipasang penitinya.

Kalau sekarang sy fokus mendesain pola, untuk dijual di Etsy. Lebih santai dan praktis, yg mau membeli bisa langsung download lewat Etsy. Sy tinggal nerima pembayarannya :D

Kalaupun membuat rajutan, sy utamakan utk dijual ke luar negeri. Lebih layak harganya..

Mampir ke toko sy mba:
LaLehCrochet.Etsy.com
Nurul said…
Bismillah. Assalaamu'alaikum ummu nayfah, saya jg perajut, saya dah baca tulisan mbak lebih dari sekali....bagus banget.... menginspirasi untuk percaya diri.... mampir mbak ke blog sederhana saya. umncraft.blogspot.com.
Unknown said…
Itu yg 4.800 dari mana ya? Mohon bantuan. Maksih yaa
Anonymous said…
Wah, terima kasih, Kak. Rumusnya sangat detail dan dapat dipertanggung jawabkan...

Senang sekali, akhirnya dapat pencerahan 😅
Anonymous said…
Terimakasih yaa kak, akhirnya gak galau lagi mau menentukan harga
Unknown said…
Thx banget sarannya,pas aku butuh banget🙏😊
Unknown said…
Assalamualaikum, umi, saya sudah buka toko rajutan online,khusus boneka rajut/amigurumi. Walau harga yang saya terapkan per item sudah lebih murah di banding produk serupa,tapi penjualan masih sepi. Sedih banget umi. Sama seperti umi, saya juga sempat ngambek ��, ga pegang hakpen hampir setahun. Tapi setelah instropeksi, sekarang ditambah baca tulisan umi, insyaallah semangat rajut saya kembali lagi. Bantu doa nya umi, supaya usaha saya berkah dan lancar. Terimakasih ya umi.
Unknown said…
terimakasih mba pencerahannya. selama ini saya menerima pesanan rajut dari orang2 terdekat yang mengetahui kalau saya bisa merajut. saat ditanya harga, saya selalu bingung menentukan nilai. ingin memberi harga tinggi tapi takut kemahalan dan takut berakhir gak jadi pesan.akhirnya saya memberi harga "gpp gak untung banyak yang penting balik modal" 😅

Popular posts from this blog

Karakteristik Benang Rajut

Di Indonesia, benang yang paling popular adalah benang acrylic wool , atau yang lebih familiar disebut “benang siet”. Namun, sebenarnya jenis benang sangat bervariasi. Berikut diantaranya: 1.       Benang katun ( Cotton yarn ) Sesuai namanya, benang yang umum digunakan oleh para pemula ini terbuat dari serat kapas. Benang katun bersifat dingin, mudah menyerap keringat, lentur, kuat, ringan, dan memiliki banyak varian warna. Benang ini termasuk “benang multiproject ”, karena bisa digunakan untuk berbagai macam jenis rajutan. Misalnya, bros, bandana, pinggiran kerudung, syal, tatakan gelas, tas, sepatu, sandal, dan sebagainya. Berdasarkan varian warnanya, benang katun dibagi menjadi dua kelompok, yaitu plain (polos) dan ombre (warna sembur/gradasi). Tingkat kehalusannya pun berbeda-beda antara jenis benang katun yang satu dengan yang lain. Soft cotton , misalnya, adalah yang paling halus diantara benang berbahan dasar kapas. Sementara itu, satu tingkat di bawahnya, ada katun b

Pattern Released! Crochet Pattern & How To: Reversible Crochet Red Bucket Bag Basket bag t-shirt yarn

 Hello! I released a pattern of my crochet projects on my Etsy shop . It's been one of the best-selling patterns on Etsy. I used 1 jumbo ball of T-shirt yarn and some bag accessories to make this bag. The listing contains 1 PDF which can be downloaded once your payment received. See the details below:   Tools and Materials: - T-shirt yarn by La Leh Crochet (spandex-cotton; red; 20 mm width; approximately 250 yards length) - 8.0 mm crochet hook - O-shaped ring (thick, golden, 3.5 cm in diameter) - hook (17 mm in diameter) - nickel chains, diameter 8 mm - 0,5 yard of cotton fabric for lining - stopper Dimensions: Bag: 24x12x22 cm (9.5x4.5x8.5 inches) Handle: 120 centimeters of nickel chain This bag can be used as sling bag/cross body bag and handbag. See my instagram video of this bag here . If you want to have the pattern and make your own bucket bag, Simply click on the "buy now" button down here. It's only $4.50 USD! Thank