Skip to main content

KAL (Knit A-Long) Beginner Toe-up Socks; Tutorial merajut kaos kaki untuk pemula

Halo semuaaa... sudah ada yang menunggu tutorial baru? ^_^ Beberapa waktu lalu, saya memposting beberapa tutorial sekaligus di Youtube Channel saya. Salah satunya adalah project kaos kaki ini.

Sedikit cerita, beberapa bulan terakhir saya mulai belajar knitting. Awalnya, saya kesulitan mencari kaos kaki tebal yang panjangnya sesuai keinginan. Ada yang tebal, tapi pendek. Ada yang juga tebal tetapi terlalu panjang hingga ke lutut (ala Korean fashion).


 

Saya sempat mencoba membuatnya sendiri dengan menggunakan teknik crochet. Lumayan, sih... berbentuk kaos kaki juga. Tetapi, teknik crochet membuat kaos kaki menjadi terlalu tebal, tidak terlalu stretchy dan kurang nyaman dipakai.

Setelah mencari inspirasi di Pinterest, saya mulai melirik tutorial knitting. Sepertinya, teknik yang tepat untuk kaos kaki adalah teknik dua jarum. Bagi saya yang memang benar-benar nol pengetahuan tentang ini, belajar teknik knitting adalah tantangan tersendiri.

Awal belajar, maasyaallah sangat butuh kesabaran men-sinkoron-kan alias synchronizing antara tangan kanan dan tangan kiri. Selama ini, saya terbiasa dengan teknik crpchet yang lebih dominan tangan kanan. Tangan kiri nyaris pasif, hanya sebagai tempat melilit benang.

 

Namun, dalam knitting, saya dituntut harus bisa mengendalikan kedua tangan dengan koordinasi yang baik. Awalnya sih, tangan kirir rasanya kaku banget, kurang luwes mengendalikan benang, terutama saat membuat purl. Ya Allah, tantangan banget! 

Pepatah bilang, "Ala bisa karena biasa". Dengan sering berlatih, insyaallah akan terbiasa dan bisa dengan sendirinya. Begitu pula yang saya alami. Sekali, dua kali, hingga berkali-kali mencoba, akhirnya saya pun bisa. Bi idznillah.


Jika Teman-teman ingin belajar membuat kaos kaki juga, yuk simak tutorialnya! Bagian pertama berisi tentang pembuatan bagian jari (karena ini toe-up socks). Di video ini, Teman-teman akan belajar tentang Judy's Cast On dan KFB (knit front/back).


 Pada video selanjutnya, di Part 2, kita akan belajar tentang cara membuat bagian tumit dengan metode German Short Row. Teknik ini, menurut saya, adalah teknik termudah untuk pembuatan kaos kaki. Jika Teman-teman memperhatikan bagian tumit kaos kaki yang biasa kita pakai, mirip seperti itulah teknik german short row. Teknik ini (german short row) juga bisa digunakan dalam pembuatan baju rajut, untuk bagian sekitar leher belakang.


Video terakhir dari rangkaian tutorial pembuatan kaos kaki ini adalah Part 3, tentang pembuatan motif "gelombang cinta". Hehe... motifnya mirip dengan crochet wirst warmer yang sudah saya posting beberapa pekan sebelumnya. Yuk simak cara membuatnya:


Semoga tutorial ini bermanfaat. Ingat, fungsi kaos kaki adalah untuk menjaga aurat kita sebagai muslimah. Jangan memotret bagian kaki yang hanya menggunakan kaos kaki, karena bentuk kaki kita bisa dilihat oleh para pria yang bukan mahram. 


Barakallahu fiikum,

Novelia.

 


 

Comments

Anonymous said…
However, environment friendly vaccination drives and the reopening of the models manufacturing slot machines will drive the expansion of the market through the forecast period. The tampering with slot machines is sort of|is sort of} rampant amongst on line casino owners. There have been reported circumstances of unregulated slot machines or gray machines in the US. 카지노사이트 These machines are outside the playing ecosystem and aren't subjected to any playing taxes or fees.
Vânia Mayre said…
Olá! Moro em Recife, Brasil. Encontrei seu blog, pesquisando sobre crochê. Achei o máximo. Você é muito esforçada. Continue postando. Deus te abençoe.

Popular posts from this blog

Karakteristik Benang Rajut

Di Indonesia, benang yang paling popular adalah benang acrylic wool , atau yang lebih familiar disebut “benang siet”. Namun, sebenarnya jenis benang sangat bervariasi. Berikut diantaranya: 1.       Benang katun ( Cotton yarn ) Sesuai namanya, benang yang umum digunakan oleh para pemula ini terbuat dari serat kapas. Benang katun bersifat dingin, mudah menyerap keringat, lentur, kuat, ringan, dan memiliki banyak varian warna. Benang ini termasuk “benang multiproject ”, karena bisa digunakan untuk berbagai macam jenis rajutan. Misalnya, bros, bandana, pinggiran kerudung, syal, tatakan gelas, tas, sepatu, sandal, dan sebagainya. Berdasarkan varian warnanya, benang katun dibagi menjadi dua kelompok, yaitu plain (polos) dan ombre (warna sembur/gradasi). Tingkat kehalusannya pun berbeda-beda antara jenis benang katun yang satu dengan yang lain. Soft cotton , misalnya, adalah yang paling halus diantara benang berbahan dasar kapas. Sementara itu, satu tingkat di bawahnya, ada katun b

Bagaimana Menghitung Harga Rajutan?

Sekitar tahun 2011, terbersit ide untuk memulai usaha yang bisa saya kerjakan tanpa mengganggu aktifitas saya sebagai ibu. Saat itu, saya sedang membuat peci rajut untuk suami. "Kenapa nggak menjual rajutan saja?" pikir saya. Yang menjadi kendala saat itu, tentu saja modal. Sebagai seorang ibu rumah tangga yang tak punya penghasilan pribadi (bahkan tabungan pribadi pun tak punya sepeser pun), tentu modal menjadi kendala terbesar saya.  Minta langsung sama suami? Ah, malu. Saat itu saya beberapa kali bercerita padanya tentang ide saya itu, namun belum juga mendapat respon positif. Ia pun sepertinya masih meragukan bakat saya dalam merajut. Akhirnya, saya berpikir untuk meminjam uang pada ayah saya. Saya ceritakan ide saya untuk memulai usaha, dan alhamdulillah gayung bersambut. Papa tidak meminjamkan uang, tetapi langsung memberi modal yang nominalnya sangat-sangat cukup untuk sekedar membeli beberapa pack benang, hakpen dan manekin. (FYI, nominalnya lebih dari 1 gram ema

Pattern Released! Crochet Pattern & How To: Reversible Crochet Red Bucket Bag Basket bag t-shirt yarn

 Hello! I released a pattern of my crochet projects on my Etsy shop . It's been one of the best-selling patterns on Etsy. I used 1 jumbo ball of T-shirt yarn and some bag accessories to make this bag. The listing contains 1 PDF which can be downloaded once your payment received. See the details below:   Tools and Materials: - T-shirt yarn by La Leh Crochet (spandex-cotton; red; 20 mm width; approximately 250 yards length) - 8.0 mm crochet hook - O-shaped ring (thick, golden, 3.5 cm in diameter) - hook (17 mm in diameter) - nickel chains, diameter 8 mm - 0,5 yard of cotton fabric for lining - stopper Dimensions: Bag: 24x12x22 cm (9.5x4.5x8.5 inches) Handle: 120 centimeters of nickel chain This bag can be used as sling bag/cross body bag and handbag. See my instagram video of this bag here . If you want to have the pattern and make your own bucket bag, Simply click on the "buy now" button down here. It's only $4.50 USD! Thank